Jumat, 11 Desember 2015

Mewarnai Doodle dengan Pensil Warna

Tutorial kali ini mengenai cara mewarnai doodle monster dengan pensil warna. Pensil warna yang saya gunakan adalah pensil warna Faber Castle tipe classic isi 48 pensil. Oke, pertama, setidaknya kamu punya gambar doodle monster yang siap untuk diwarnai. Saya masih menggunakan buku DoodleLand untuk mencari gambar doodle monster yang tepat. Setelah kamu menyiapkan doodle monster untuk diwarnai, maka cobalah mengambil satu warna yang cukup tebal. Kita akan mencoba mewarnai dengan dua teknik gradasi. Lihat gambar dibawah ini untuk langkah awalnya.

Mewarnai Doodle dengan Pensil Warna

Saya mengambil warna merah tebal. Lalu saya tentukan mana daerah gelap terangnya. Daerah gelap saya tekan pensil warna dan mulai mengasir. Ingat, asiranmu harus satu arah. Untuk tutorial berikutnya akan saya tunjukkan cara mengasir berbagai arah untuk gradasinya. Kali ini satu arah dulu. Saya awali dengan asiran tebal mulai dari pinggir. Lalu sampai pada daerah mata, saya asir tanpa menekan pensilnya sama sekali. Jadi benar-benar halus hampir tanpa terlihat warna merahnya. Jadi ada seperti campuran pensil putih dan merah padahal itu pensil merah yang tidak saya tekan. Lalu saya tambahi efek agak merah dengan menekan pensil tidak terlalu kuat seperti yang pertama pada daerah pinggir sekitar mata. Bisa dilihat lagi gambar diatas. Itu untuk teknik gradasi satu pensil dengan satu warna.

Mewarnai Doodle dengan Pensil Warna

Nah, untuk bagian giginya, saya coba mainkan gradasi warna dengan 3 warna pensil. Yaitu coklat tua, setengah tua, dan muda. Pertama, cobalah asir kesemua bagian gigi dengan warna coklat muda. Lalu asir bagian tepi gigi bagian kiri dengan coklat yang agak tua. Kira-kira sampai setengah bentuk tiap giginya. Tujuannya adalah untuk memperlihatkan adanya cahaya dari sisi sebelah kanan yang menyinari giginya. Jadi bagian sebelah kiri di setiap gigi akan tampak lebih gelap. Lalu terakhir saya tebalkan dengan warna coklat tua untuk memperjelas efek bayangan pada doodle monsternya.

Lakukan teknik pada gambar ke dua untuk keseluruhan isi monster doodle yang telah kamu ciptakan. Saya gunakan beberapa warna saja, tidak setiap monster doodle saya warnai berbeda. Bisa kamu lihat di gambar terakhir saya dibawah ini.

Mewarnai Doodle dengan Pensil Warna

Bagaimana? Menarik bukan? Efek bayangan dan gradasi warna ini yang akan membuatmu berbeda dari teknik mewarnai anak-anak. Walaupun belum sempurna, tapi terasa menarik dan menyenangkan. Kamu bisa melihat-lihat lagi tutorial mewarnai atau menggambar doodle monster yang sudah banyak saya buatkan di artikel sebelum ini. Selamat berakhir pekan, selamat mengurangi stress, dan have fun!

Bagikan

Jangan lewatkan

Mewarnai Doodle dengan Pensil Warna
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>